Berita Sepakbola

Ada Isu Rasial di Balik Perayaan Adebayor ke Penggemar Arsenal

Emmanuel Adebayor buka suara tentang latar belakang selebrasinya menuju hadapan suporter Arsenal beberapa musim kemarin. Anggapannya, sebab dia berbuat hal itu ialah sebab lebih dulu mendapat hinaa rasial dari suporter The Gunners.

Setelahnya, bintang kelahiran Lome ini dijatuhi sanksi berupa suspensi sebab dinilai sengaja memprovokasi suporter musuh. Sang bintang juga memutuskan tidak mengatakan apa yang memang berlangsung dan memutuskan mempertahankannya sampai saat ini.

Adebayor, yang baru hengkang dari Arsenal menuju Manchester City segera berselebrasi saat menyarangkan goal pada pertandingan perdana. Sontak, ia memperoleh sejumlah celaan dari pihak The Gunners, mulai dari suporter dan mantan bintang.

“Aku terus ingat saat masuk stadion dan suporter Arsenal amat banyak di sana. Saya mendengar seluruh chant mereka, mengenai orang tuaku. Namun saya tak paham bagaimana seharusnya membalasnya, sampai akhirnya kejadian ini muncul, ” katanya dilansir dari AS.

“Hinaannya berjalan amat menyakitkan. Saya mau mati saja rasanya. Kala itu, saya cuma dapat menatap mereka dan mengatakan di dalam hati ‘kalian tidak sewajarnya berbuat itu’. Saya memperoleh denda setelahnya, namun FA tak sudah membicarakan kenyataan sesungguhnya, ” jelasnya meneruskan.

Adebayor tiba dari London menuju Manchester dengan banderol 25 juta poundsterling. Angka yang tergolong tinggi di kala itu. Keputusannya segera mendapatkan kritikan dari para suporter The Gunners yang menudingnya mata duitan.