Berita Sepakbola

Irfan Bachdim Sebetulnya Naturalisasi atau Tidak? Ini Papar PSSI

Akhir-akhir ramai pembicaraan tentang pamor Irfan Bachdim yang balik lagi mengemuka. Beberapa yang mengatakan Irfan adalah bintang naturalisasi, namun PSSI menyebutnya asli Warga Negara Indonesia.

Nama Irfan memang pernah ramai kala Indonesia giat mengerjakan naturalisasi pada 2010 silam. Namun faktanya ia telah semenjak awal mengantongi paspor Indonesia. Irfan lebih memutuskan menjadi WNI daripada Belanda.

Bintang 31 tahun ini memang terlahir di Amsterdam, Belanda. Tapi, saat berumur 18 tahun ataupun kala punya Kartu Tanda Penduduk (KTP), ia memutuskan jadi WNI. Begitu-lah yang dijabarkan oleh PSSI.

“Betul. Irfan Bachdim ini memang semenjak awal WNI. Ia tidaklah proses naturalisasi. Namun memutuskan untuk menjadi WNI, ” kata Direktur Media dan Promosi Digital PSSI, Gatot Widakdo, kala dihubungi Football5star dengan singkat.

Ujung tombak Bali United ini masuk di dalam 24 bintang yang dipanggil Tim nasional Indonesia. Di dalam lis ini, terdapat 6 nama dari proses naturalisasi, yaitu Otavio Dutra, Victor Igbonefo, Stefano Lilipaly, Greg Nwokolo, Alberto Goncalves, dan Osas Saha.

Bali United sendiri menyumbang 4 nama menuju Tim nasional Indonesia. Di samping Irfan Bachdim, terdapat juga Ricky Fajrin, Stefano Lilipaly dan I Made Andhika Wijaya.

“Kami memburu bintang yang dapat jadi role model, bintang yang bisa mengerjakan instruksi dan bisa berlaga di dalam sistem yang kita dambakan, ” ucap juru tak-tik Simon McMenemy di dalam situs web PSSI.

Tags :