Berita Sepakbola

Semuanya Kecam Perayaan Kemenangan Amerika vs Thailand

Tim nasional putri Amerika Serikat unggul mutlak 13-0 kontra tim nasional putri Thailand di turnamen Piala Dunia Wanita di Prancis beberapa hari yang lalu. Namun kemenangan paling besar selama history Piala Dunia wanita ini dibumbui oleh kritikan dari beberapa pihak.

Kritikan yang dimaksud ialah perayaan Alex Morgan dkk saat menjebol gawang Thailand. Bintang-bintang Amerika Serikat masih berselebrasi dengan cara emosional saat mereka telah menang jauh.

Cara ini juga yang dinilai orang-orang telah terlalu. Banyak dari mereka memandang bintang-bintang tak menghargai musuh yang telah ketinggalan jauh. Malahan ada juga yang merasa 11 bintang Negeri Paman Sam ini sudah mencederai sportivitas.

Yang sangat keras mengritik cara bintang melakukan selebrasi merupakan mantan bintang tim nasional putri Kanada, Claire Rustad. “Ini memalukan untuk Amerika Serikat. Aku mengharapkan mereka melakukan selebrasi dengan rileks. Namun merayakan dengan cara emosional pada goal ke 8, 9, sepuluh, dan selanjutnya betul-betul tak harus, ” jelasnya sebagaimana ditulis New York Times, Kamis (13/6/2019).

Begitu juga dengan pundit ESPN, Taylor Twellman. Dia menyatakan perayaan bintang-bintang di gelanggang amat berlebihan dan tak menghormati rival.

“Tidak soal dengan papan score sebab ini merupakan kompetisi, namun melakukan selebrasi ke 9 tinggalkan rasa masam di mulut aku. Aku penasaran mau mengerti apa ada yang minta maaf usai laga ini, ” tulisnya di Twitter.

Tak cuma Julie Foudy dan Taylor Twellman. Penjaga gawang legendaris putri Amerika, Hope Solo, jua tak habis pikir dengan perayaan goal mantan teman-temannya itu.

“Mencetak 13 goal kontra Thailanda amat baik. Namun ada sejumlah selebrasi goal yang tak layak diperbuat, ” tuturnya pada Guardian, Rabu (12/6/2019).